You are here
Home > Skor Kredit > Awal Mula Skor Kredit dan Perkembangannya Saat ini

Awal Mula Skor Kredit dan Perkembangannya Saat ini

Skor Kredit

Skor kredit adalah istilah yang umum digunakan dalam dunia perbankan. Lembaga-lembaga yang punya wewenang memberikan pinjaman, biasanya menggunakan skor kredit untuk menilai nasabah. Jika Anda memiliki skor kredit yang rendah, maka bank menganggap Anda tidak bisa mengelola pinjaman hingga lunas sesuai kesepakatan. Sebaliknya, semakin tinggi skor kredit yang didapat, maka Anda akan lebih mudah memperoleh pinjaman. Bahkan dengan bunga yang rendah.  

Skor kredit sendiri adalah sistem penilaian yang sudah digunakan sejak lama. Tidak hanya di Indonesia, tapi skor kredit juga lumrah ditemukan di negara lain. Terutama yang sudah maju. Awal mula skor kredit muncul sekitar tahun 1950-an, Bill Fair, seorang insinyur, dan Earl Isaac, seorang matematikawan, menciptakan sistem penilaian otomatis yang awalnya gagal dipergunakan.  

Mereka terus menyempurnakannya. Menggunakan teknologi dan komputer untuk membea skor FICO. Yaitu angka yang menunjukkan estimasi risiko kredit yang akan Anda ambil. Mereka menjual ide penilaian kredit tersebut kepada bank hingga pengembang di Amerika Serikat dan negara lainnya. Di Indonesia, sistem penilaian juga dikembangkan. Awalnya oleh Bank Indonesia. Namun sekarang biro kredit swasta biasanya juga bisa menyediakan skor kredit untuk lembaga-lembaga keuangan lain yang membutuhkannya.  

Skor kredit sangat penting karena menunjukkan kemampuan nasabah dalam membayar semua pinjamannya. Jika memiliki skor kredit yang rendah, Maka Anda akan kesulitan mendapatkan pinjaman jika nanti membutuhkan. Memperbaiki skor kredit bukanlah tugas yang gampang, terutama jika Anda berada dalam kategori blacklist. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya melakukan pembayaran hingga lunas. Lalu melaporkan tanda pelunasan kepada bank yang bersangkutan untuk memverifikasi kelaikan kredit Anda. Prosesnya bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Pinjaman sebaiknya dicicil sesuai dengan ketentuan dari awal. Anda perlu tahu jika skor kredit dapat digunakan untuk menentukan reputasi Anda ke dalam berbagai kategori. Seperti lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan atau macet. Sedikit terlambat membayar tagihan, Anda bisa jatuh ke dalam kategori berisiko di bulan berikutnya. Jika kamu mengalami kasus ini, lakukan pembayaran segera, sampai tidak ada lagi keterlambatan.  

Ada banyak keuntungan memiliki peringkat kredit yang tinggi dan stabil dari waktu ke waktu. Terutama saat akan mengajukan pinjaman di masa depan. Jika Anda membutuhkan uang kapan saja, hubungi bank dan permintaan Anda dapat segera diproses dengan cepat dan mudah.

Informasi tentang skor kredit, dapat diperoleh dari lembaga berwenang di bidangnya seperti Otoritas Jasa Keuangan, biro kredit swasta atau Bank Indonesia. Namun, Anda dapat mengaksesnya nanti secara online di CekAja.com. Untuk mendapatkan kiat meningkatkan skor kredit, kunjungi https://www.cekaja.com/info/skor-kredit. Pantau skor kredit Anda dan ikuti saran dari CekAja.com untuk mempermudah mendapatkan kredit.

Tinggalkan Balasan

Top