You are here
Home > Pinjaman > Cara Menghitung Pinjaman Modal yang Anda Perlukan

Cara Menghitung Pinjaman Modal yang Anda Perlukan

cara menghitung modal

Membangun sebuah bisnis selain dibutuhkan ide yang cemerlang, juga modal yang cukup agar semua dana yang diperlukan terpenuhi. Mendapatkan biaya untuk memulai usaha tersebut, terbilang cukup mudah di era saat ini. Banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman modal usaha terpercaya dengan berbagai kelebihan yang pastinya sangat menguntungkan.

Masalahnya sekarang adalah berapa jumlah modal yang diperlukan?. Jika tidak ingin repot membuat sebuah rencana, tentu Anda akan mengajukan pinjaman dalam jumlah besar. Mungkin ini terlihat aman, namun ingat Anda harus mengembalikan kredit tersebut tepat waktu sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Apakah Anda yakin dalam tempo yang sudah ditetapkan semua pinjaman bisa dibayar lunas? Nah, jika Anda tidak ingin usaha yang sudah dibangun gagal karena terlilit banyak utang, sebaiknya gunakan perencanaan yang matang untuk mengetahui berapa modal yang benar-benar dibutuhkan.

Tips Menghitung Pinjaman Untuk Modal Usaha

Produk pinjaman kini beragam mulai dari kredit jangka panjang, KTA, hingga pinjaman online. tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib Anda perhitungkan. Jika ingin mengajukan pinjaman untuk modal usaha, sebaiknya ketahui dengan pasti jumlah yang diperlukan. Tujuannya tentu untuk memudahkan pembayaran cicilan agar tidak terlalu membebani. Berikut ini adalah tips menghitung besarnya kredit modal usaha yang benar dan tepat.

1. Menentukan tujuan bisnis

Mungkin Anda akan merasa sangat percaya diri karena bisnis yang akan dibangun sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Namun tanpa adanya modal yang cukup, apakah usaha bisa berjalan lancar. Dalam dunia bisnis berlaku rumus untuk mendapat untung besar harus berani mengeluarkan modal yang banyak pula. Karena itulah Anda harus menentukan tujuan, apakah pinjaman tersebut akan digunakan untuk membuat produk baru atau hanya membangun toko saja. Tentu kisaran dana yang diperlukan berbeda, dan ini menjadi kunci untuk menentukan besarnya kredit yang akan diajukan.

2. Menentukan jenis modal

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, bahwa tujuan bisnis sangat menentukan berapa besarnya pinjaman modal yang diperlukan. Selanjutnya dana tersebut digunakan untuk apa saja?. Apakah untuk modal tetap, kerja, tenaga, atau bahkan ketiganya. Anggaran harus Anda rinci sedetail mungkin agar tidak terjadi kekurangan dana yang mengharuskan Anda untuk mengajukan pinjaman kembali. Ingat jika mengambil kredit di bank, maka dana yang harus dikembalikan akan dibebani oleh bunga yang cukup lumayan jumlahnya. Jadi pengajuan kredit juga beresiko namun pencairan dananya lebih cepat dibandingkan Anda mencari modal dengan cara yang lain.

3. Menentukan tenggat waktu yang dibutuhkan

Anda juga harus memperkirakan kemampuan dalam membayar cicilan. Tidak ada salahnya mengambil tenor yang panjang agar angsuran perbulannya semakin ringan. Namun konsekuensinya adalah jumlah kredit yang dibayarkan menjadi besar sebab biasanya semakin lama tempo pembayaran maka bunga yang dikenakan juga tinggi. Ini tentu bukan masalah yang berarti selama Anda bisa mengatur keuangan dengan benar.

4. Menghitung kemampuan finansial

Setelah mengetahui jumlah dana yang diperlukan untuk membuka usaha, hitung juga jumlah dana yang sudah Anda miliki. Jika tidak bisa mencukupi secara penuh, maka pengajuan kredit bisa Anda lakukan. Besarnya pinjaman ditentukan dari perhitungan modal yang dibutuhkan dikurangi dengan dana awal yang sudah memiliki. Semakin sedikit pinjaman, maka beban finansial akan terkurangi. Jadi jangan asal memakai dana kredit jika tidak yakin bisa membayar angsuran tepat waktu.

Sistem perkreditan di Indonesia sudah semakin canggih dengan beragam fasilitas yang disediakan termasuk fitur online. Menggunakan layanan ini Anda tidak perlu datang langsung ke bank sebab semua bisa dilakukan melalui website resminya. Selain itu, Anda sebagai debitur bisa menentukan sendiri jumlah pinjaman dan juga tenor. Hasil perhitungan cicilan perbulan bisa langsung diketahui dan ini bisa Anda jadikan acuan untuk mengatur finansial agar bisnis tidak terganggu.

CekAja.com merupakan salah satu toko finansial yang sangat direkomendasikan saat ini. Beragam produk kredit dari berbagai bank ternama ditawarkan. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman modal, yuk buruan kunjungi website resminya, tepatnya di https://www.cekaja.com/small-business-banking untuk mendapatkan referensi terbaik yang sudah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Top