You are here
Home > Bank > Cek Simulasi Bunga Kredit Mobil Bekas Agar Tidak Rugi Membeli Kendaraan

Cek Simulasi Bunga Kredit Mobil Bekas Agar Tidak Rugi Membeli Kendaraan

Cek Simulasi Bunga Kredit Mobil Bekas Agar Tidak Rugi Membeli Kendaraan

Membuat planning sebelum mengajukan kredit mobil adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan sebelum membelinya. Khususnya bagi Anda yang tertarik memilih kredit mobil bekas untuk mendapatkan nilai cicilan yang lebih ringan dari merk mobil terbaik yang masih layak guna. Sebelum mengajukan permohonan, penting untuk melakukan simulasi bunga kredit mobil bekas terlebih dahulu. Pertimbangan nilai bunga yang ditawarkan baik oleh pihak leasing maupun bank adalah hal yang pertama kali wajib Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

 

Melalui simulasi, pembelian mobil bekas dengan cara kredit yang akan Anda ajukan menjadi semakin mudah untuk diperhitungkan. Sehingga Anda bisa semakin cerdas dalam membuat keputusan. Berikut akan Kami jelaskan caranya secara detail.

 

Simulasi Kredit Mobil Bekas

Kenapa simulasi ini penting? Karena umumnya pihak leasing atau bank akan menempatkan beberapa jenis biaya pada produk finansialnya tersebut, seperti cicilan pokok, asuransi, biaya administrasi dan bunga kredit mobil bekas.  Untuk simulasi, Anda bisa melakukan perhitungan sederhana sebelum mengajukan kredit mobil bekas di CekAja.com. Sebagai simulasi sederhana, berikut ini akan Kami jelaskan contohnya sebagai gambaran umum.

  • Harga mobil : Rp200.000.000
  • Plafon kredit bank atau leasing : Rp150.000.000
  • Bunga kredit mobil bekas per tahun : 8%
  • Lama tenor pinjaman : 36 bulan
  • Biaya administrasi : Rp550.000
  • Premi asuransi : asumsi 9,5% per tahun

Dari data di atas, lalu bagamana kita menghitung angsuran bulanannya? Dan berapa dana yang harus disiapkan? Caranya sangat mudah sekali, pertama siapkan dulu down payment (DP) atau uang muka sebesar 20% dari harga mobil. Maka penghitungannya adalah 20% x Rp200.000.000 = Rp40.000.000. Sedangkan untuk perhitungan nilai bunga kredit mobil bekas adalah dengan menggunakan rumus Rp 150 juta x 8 x 3 dan dibagi 100. Maka akan keluar nilai sebesar Rp 36 juta yang harus dibayarkan pada angsuran pertama.

Untuk simulasi angsuran bulanan, maka yang digunakan adalah rumus (plafon kredit + jumlah bunga yang wajib dibayarkan) dibagi dengan, maka hitungannya adalah (Rp 150 juta + Rp36 juta) / 36 = Rp5.167.000. Namun apabila pembelian kredit mobil bekas ditambah dengan premi asuransi, maka tetapkanlah terlebih dulu premi asuransinya yang diasumsikan senilai 9,5% dari harga mobil. Maka rumusnya adalah 9,5% x Rp 200 juta = Rp 19 juta.

Lalu berapakah total yang harus disiapkan kepada leasing atau bank yang menawarkan kredit mobil bekas? Maka perhitungan yang bisa digunakan adalah uang muka + angsuran bulan pertama + premi asuransi + biaya administrasi. Hasilnya Rp40.000.000 + Rp5.167.000 + Rp19.000.000 + Rp550.000 = Rp 64.717.200.

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Selain perhitungan simulasi di atas, penting juga untuk mempertimbangkan beberapa aspek seputar mobil yang akan Anda beli. Cek terlebih dahulu kondisi mobil yang akan anda ajukan melalui kredit mobil bekas. Pengecekan bisa Anda lakukan sendiri, meminta bantuan teman/saudara atau menyewa montir yang berpengalaman agar pengecekan bisa lebih sempurna. Ketahui juga sejarah mobil tersebut apakah pernah terjadi tabrakan hebat, terendam banjir dan lainnya atau tidak.

Ajukan Kredit Mobil Anda Sekarang Juga

Di CekAja.com kini pengajuan permohonan pembelian mobil bekas melalui skema kredit bisa dilakukan secara online. Pengisian formulir melalui website tersebut tidak perlu ribet dengan proses cepat dan juga mudah. Penawaran suku bunga pun kompetetif dan fixed serta penawaran simulasi yang bisa Anda lakukan melalui sistem online dengan cara yang sangat mudah untuk mendapatkan gambaran umum untuk kesiapan finansial.

Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mendapatkannya disini https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor.

Tinggalkan Balasan

Top