You are here
Home > Bank > Hal Penting Seputar Skor Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman

Hal Penting Seputar Skor Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman

Hal Penting Seputar Skor Kredit Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman

Kredit lumrah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika berada dalam dunia bisnis hingga perbankan. Dengan menawarkan pinjaman berbunga, bank bisa terus beroperasi karena sebagian besar keuntungan berasal dari sana. Dalam memberikan pinjaman, biasanya pihak bank akan memeriksa skor kredit dari calon debiturnya. Apa itu skor kredit? Istilah ini digunakan untuk menjelaskan cara bank ketika ingin memeriksa kemampuan nasabah dalam mengelola pinjamannya.

Dengan kata lain, skor kredit adalah penilaian terhadap nasabah yang mengajukan pinjaman. Pihak bank tentu punya cara tersendiri dalam memberikan skor.

Biasanya, skor dibagi dalam beberapa kategori. Mulai dari lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, hingga macet. Proses analisisnya pun panjang karena harus mempelajari dan mengevaluasi apakah nasabah tersebut dapat menerima kredit atau tidak.

Skor kredit sangat penting baik bagi pihak pemberi atau penerima. Jika bank sembrono ketika memberikan kredit tanpa mengetahui kemampuan nasabah, maka akan beresiko besar mengalami kredit macet.

Di mana, nasabah tidak mampu membayar kewajiban kepada bank atau kredittur. Itulah mengapa analisis terhadap skor kredit biasanya diberlakukan. Ini untuk memperkecil resiko yang ditanggung bank apablia pinjaman tidak tertagih sesuai dengan ketentuan.

Jika kredit lancar dan memiliki banyak nasabah, maka bank akan mendapatkan keuntungan besarBiaya-biaya pun bisa tertutup dari bunga kredit yang didapat dari nasabah atau debittur. Pun demikian dari sisi nasabah. Dengan adanya skor kredit akan mempermudah persetujuan pengajuan pinjaman. Tinggal memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak bank, maka akan mendapat skor kredit yang tinggi.

Apabila syarat kredit yang diajukan lengkap dan sesuai dengan ketentuan pihak kredittur maka semakin besar kesempatan mendapat  skor kredit yang tinggi. Dengan begitu, semakin besar pula kesempatan nasabah mendapatkan persetujuan pengajuan pinjaman. Ini berarti kemampuan nasabah dalam mengelola pinjamannya kelak, sangat baik di mata bank.

Lain halnya jika skor kredit yang didapatkan lebih rendah dari ketentuan bank yang akan menyetujui pinjaman. Pihak bank akan memberikan penilaian mulai dari kurang lancar, diragukan hingga macet. Jika sudah begitu, maka kesempatan untuk mendapatkan pinjaman jadi semakin kecil. Tentu saja jika Anda ingin mengajukan pinjaman harus benar-benar memperhatikan skor kredit.

Sudah tahu kan tentang pengertian skor kredit? Tentu masih banyak pertannyaan yang masih bikin Anda penasaran. Apalagi jika Anda berencana mengajukan kredit. Untuk menjawab hal itu, Anda bisa menggunakan CekAja.com. Informasi lengkap mengenai skor kredit tersedia di https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/

Anda bisa tahu juga tentang tips meningkatkan skor kredit agar mendapatkan pinjaman dengan cepat dan mudah. CekAja.com juga merupakan  solusi untuk membantu Anda dalam membuat keputusan financial dengan cerdas.

Tinggalkan Balasan

Top