You are here
Home > Kredit > Hindari Kesalahan Saat Melakukan Apply KTA

Hindari Kesalahan Saat Melakukan Apply KTA

apply KTA

Butuh uang dalam jumlah besar dalam situasi yang mendesak? Manfaatkan kredit tanpa agunan yang banyak ditawarkan oleh beberapa bank terkemuka. Sesuai dengan namanya, Anda tidak perlu mengajukan jaminan apapun dan dana langsung segera dicairkan. Namun sayangnya banyak yang kurang paham tentang pemakaian produk ini sebenarnya. Asalkan butuh uang, langsung segera mengajukan di bank. Padahal kebiasaan tersebut bisa sangat merugikan terlebih jika suatu saat kondisi ekonomi sedang menurun.

6 kesalahan yang harus dihindari saat Apply KTA

Bila ingin mendapatkan kesuksesan, maka Anda harus mampu mengelola keuangan dengan benar. Apply KTA tidak berarti Anda sedang kekurangan uang atau terlilit utang. Banyak juga nasabah yang memanfaatkan produk ini untuk hal yang memang diperlukan sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Jadi saat jatuh tempo, pembayaran bisa dilakukan tepat waktu. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit tanpa agunan agar memperoleh dana secepatnya, sebaiknya hindari 6 kebiasaan buruk berikut ini.

  1. Memberikan data palsu

Mungkin lebih tepatnya Anda mengabaikan formulir registrasi yang harus diisi saat mengajukan pinjaman KTA. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan adalah memasukkan nomer handphone yang sulit dihubungi. Hal tersebut akan sangat merugikan karena jika pihak bank ingin melakukan verifikasi, Anda tidak bisa memberikan respons dengan cepat. Dan jika itu terjadi, maka kreditur tidak akan menyetujui permintaan pinjaman yang diajukan karena data Anda dianggap tidak valid.

  1. Tidak berpikir jangka panjang

Jangan anggap pengajuan KTA semudah yang dikira, butuh pertimbangan yang matang supaya Anda bisa melakukan pelunasan tepat waktu. Banyak nasabah yang memiliki riwayat kredit macet karena tidak memikirkan jangka panjangnya. Produk ini memberikan keleluasaan pada Anda untuk menentukan besarnya dana pinjaman asalkan tidak melebihi batas yang ditentukan. Jika kondisi ekonomi bagus dan yakin bisa membayar angsuran tepat waktu perbulannya, tidak ada salahnya mengambil KTA. Namun jika keadaan keuangan sangat pas-pasan, Anda tetap bisa apply produk tersebut namun jumlahnya sesuaikan dengan kemampuan Anda. Karena jika sampai melebihi tenggat pembayaran, bisa terkena denda yang cukup besar jumlahnya.

  1. Menggunakan untuk keperluan konsumtif

Jika untuk membeli kebutuhan konsumtif, rasanya tidak perlu mengajukan pinjaman KTA karena akan memberikan dampak yang merugikan. Produk ini lebih bijak jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak, renovasi rumah, hingga modal usaha. Saat mengajukan pinjaman, maka Anda harus memikirkan cara mengembalikannya. Sebab itulah jika dipakai untuk keperluan yang sifatnya pribadi seperti berbelanja, maka Anda akan kesulitan dalam membayar cicilan kelak karena uang tersebut tidak bisa diputar. Sebaiknya gunakan KTA dengan bijak dan jangan dipakai untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan saat ini.

  1. Tidak melengkapi dokumen

Masing-masing instansi perbankan memberikan persyaratan yang berbeda kepada nasabah yang ingin melakukan apply KTA. Persiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi registrasi pinjaman tersebut. Jika ada satu saja persyaratan yang tidak dilengkapi, maka pihak bank tidak akan memproses pengajuan tersebut. Jadi teliti kembali kelengkapan, jika ada yang kurang segera perbaiki agar pengajuan pinjaman bisa segera disetujui dan dana yang diperlukan dapat dicairkan.

  1. Tidak membaca fine print

Meminjam dana di bank itu berarti Anda terikat kontrak yang sifatnya resmi. Jadi baca semua perjanjian dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewatkan termasuk fine print. Tulisan kecil yang ada dibelakang halaman pendaftaran tersebut sering diabaikan. Padahal didalamnya ada informasi penting mengenai bunga yang bisa berubah setiap bulan serta perubahan penting lainnya sesuai dengan kesepakatan Anda sebagai debitur dengan pihak bank.

  1. Meminjam untuk orang lain

Mengajukan pinjaman atas nama Anda namun untuk keperluan pihak ketiga sebaiknya jangan dilakukan. Walau bagaimanapun berdasarkan hitam diatas putih, Anda lah yang berkewajiban membayarnya. Jadi jika suatu saat terjadi keterlambatan pembayaran atau bahkan kreditnya macet, maka Anda yang akan dimintai pertanggungjawabannya.

(Baca Juga : Ikut BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Sama-Sama Penting)

Mengajukan KTA kini tidak perlu datang ke bank secara langsung, bisa dilakukan secara online melalui website resminya atau toko finansial seperti CekAja.com. jadi waktu Anda tidak akan terbuang percuma untuk antre karena registrasi bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan smartphone. Tinggal tunggu beberapa hari saja, dan dana akan segera cair.

Tinggalkan Balasan

Top