You are here
Home > Kartu Kredit > Jenis Kartu Kredit dan Manfaatnya

Jenis Kartu Kredit dan Manfaatnya

jenis kartu kredit

Kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit kadang membuat pemegangnya tidak bisa mengendalikan diri. Produk ini dirancang untuk membantu nasabah dalam hal pembayaran di tempat tertentu tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah besar. Dampak positif yang diberikan adalah mengurangi angka kejahatan. Namun jika tidak bisa menahan untuk membeli barang dalam jumlah besar, maka akhirnya tagihan bulanan menjadi membengkak.

Kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemilik kartu adalah membayar tagihan tepat waktu beserta bunga yang dibebankan. Bila mengalami keterlambatan, maka akan ada denda yang diberikan. Dengan menggunakan produk ini, Anda bisa membeli keperluan sesuai dengan kebutuhan yang selanjutnya tagihan akan dibayar pada akhir atau awal bulan sesuai dengan perjanjian.

Selain itu banyak promo yang diberikan termasuk cashback untuk pembelian produk tertentu. Apalagi jika melakukan apply di CekAja.com, akan banyak bonus yang diberikan. Ketahui dulu keunggulan kartu kredit yang dikeluarkan oleh instansi perbankan lalu lakukan pengajuan. Untuk bisa mendapatkan persetujuan tidaklah mudah, banyak persyaratan yang harus dipenuhi mulai dari penghasilan, pekerjaan, nomer telepon, alamat rumah, dan kelengkapan adiministrasi. Tidak sembarang orang bisa memegang produk ini, hanya nasabah tertentu saja yang bisa mendapatkan layanan tersebut.

Menggunakan kartu kredit tidak semudah memakai debit card, sebab tidak semua tempat menerima pembayaran dengan produk ini. Selain itu sistemnya adalah berbelanja dulu sedangkan tanggungan total biaya akan dibayar diakhir dalam bentuk tagihan. Tentu saja besarnya biaya yang ditanggung mendapatkan beban bunga yang jumlahnya bergantung pada kebijakan instansi yang dipilih. Untuk itulah nasabah harus memperhitungkan banyak hal sebelum apply kartu kredit termasuk kemampuan finansial.

3 Jenis Produk Kartu Kredit Beserta Manfaatnya

Masing-masing instansi perbankan seperti BCA, BNI, Mandiri, dan sebagainya menawarkan produk kartu kredit yang berbeda. Tentu saja Anda sebagai debitur berhak menentukan produk mana yang ingin digunakan. Namun sebaiknya pilih bank tempat Anda menabung dan memiliki rekening agar aplikasinya mudah disetujui. Berikut ini adalah beberapa jenis kartu kredit beserta manfaatnya.

  1. Berdasarkan wilayahnya

Jenis produk ini dibedakan berdasarkan lokasi dimana kartu kredit tersebut bisa digunakan. Ada beberapa produk perbankan yang hanya bisa dipakai di wilayah tertentu saja. Secara umum jenis kartu kredit berdasarkan wilayahnya dibagi menjadi dua yaitu nasional dan internasional. Sesuai dengan namanya, kartu kredit nasional hanya bisa dipakai untuk pembayaran di wilayah Indonesia termasuk kota tertentu saja. Sementara untuk kartu kredit internasional bisa dipakai sebagai alat pembayaran diseluruh dunia tanpa terkecuali. Barangkali ini menjadi pertimbangan Anda untuk memilih produk yang menguntungkan serta mudah digunakan kapanpun dibutuhkan.

(Baca Juga:Aneka Jenis Kartu Kredit BNI dan Kelebihannya)

  1. Berdasarkan Afiliasinya

Pihak bank biasanya bekerja sama dengan beberapa instansi untuk menciptakan produk terbaru yang gampang digunakan oleh nasabahnya. Co-branding card adalah kartu kredit yang tercipta berdasarkan kerjasama antara bank dengan instansi lainnya. Sementara Affinity Card  adalah produk yang digunakan oleh suatu kelompok tertentu. Misalnya BNI yang bekerjasama dengan berbagai universitas ternama yang mana produknya bisa digunakan oleh mahasiswa untuk pembayaran biaya kuliah dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan kualitasnya, banyak bank yang memperluas jaringan hingga ke pusat perbelanjaan supaya semakin banyak tempat yang menggunakan pembayaran kartu kredit dari instansi keuangan tersebut.

  1. Berdasarkan limitnya

Jenis kartu ini dinilai berdasarkan batas maksimal penggunaannya dalam satu bulan. Biasanya jenis produk ini dapat dilihat berdasarkan tingkatannya. Misalkan classic, gold, platinum, dan signature. Limit yang diberikan kepada masing-masing produk tidaklah sama. Paling sedikit adalah 5 juta dan yang terbesar hingga 250 juta. Tentu saja batasan ini bergantung pada kebijakan bank. Nasabah tidak bisa melakukan pembayaran melebihi limit kartu kredit yang dipegang. Jadi sesuaikan pilihan produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan kartu kredit harus memperhatikan kemampuan finansial Anda dan pakailah dengan bijak. Karena tagihan diberikan pada akhir bulan, maka jika tidak dapat mengontrol diri akan membengkak jumlah biaya kartu kredit yang harus dibayar. CekAja.com memberikan kemudahan dalam apply kartu kredit, tinggal pilih produk banknya lalu isi registrasi langsung di toko finansial tersebut. Tunggu pihak bank akan menghubungi Anda jika aplikasi diterima.

Tinggalkan Balasan

Top