You are here
Home > Finance > Tidak perlu ribet lagi, registrasi NPWP sudah bisa Online!

Tidak perlu ribet lagi, registrasi NPWP sudah bisa Online!

Sudah punya NPWP? Sekarang bisa registrasi online!

Bagi Anda yang baru lulus kuliah dan ingin memulai bekerja, NPWP menjadi salah satu dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Apa sih NPWP itu? NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. Setiap warga negara yang sudah tergolong Wajib Pajak adalah orang yang sudah berpenghasilan dan berkewajiban membayar pajak.

Sekarang, registrasi NPWP Online sudah bisa dilakukan. Tanpa perlu ribet-ribet membawa banyak dokumen ke kantor pelayanan pajak lagi, tapi registrasi NPWP sudah bisa dilakukan di rumah melalui komputer atau smartphone Anda.

Jika Anda belum mempunyai NPWP, gaji anda akan dikurangi sebanyak 20% untuk membayar Pajak Penghasilan (PPh). Sedangkan jika Anda sudah mempunyai NPWP, hanya membayar dibawah 20% saja.

Ingin tahu cara mendaftar NPWP Online? Simak penjelasannya berikut ini

Membuat akun di ereg pajak

Buat akun di website https://ereg.pajak.go.id

Siapkan dan upload dokumen persyaratan

  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.
  • Dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.

Cek Status Permohonan

Periksa status pendaftaran NPWP Anda melalui email atau di halaman history pendaftaran. Jika statusnya ditolak, maka Anda harus memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap.

Lama proses daftar NPWP Online

Lama proses pendaftaran NPWP online selambat – lambatnya 10 hari kerja. Jika Anda masih belum mendapatkan kartu NPWP, kemungkinan data Anda masih ada yang perlu dilengkapi kembali.

Untuk menghindari kejadian di atas, maka pastikan semua data yang Anda berikan tidak ada yang salah. Cek kembali data Anda dengan data yang tertera pada halaman registrasi.

Jika dokumen Anda masih ditolak, hubungi KPP tempat Anda terdaftar melalui telepon.

Untuk informasi lebih detil, Anda bisa mendapatkannya di website ini https://www.cekaja.com/info/ini-langkah-langkah-daftar-npwp-online/.



Tinggalkan Balasan

Top