You are here
Home > Pinjaman > Tips Mengelola Pinjaman KTA agar Sesuai Tujuan

Tips Mengelola Pinjaman KTA agar Sesuai Tujuan

mengelola pinjaman KTA

Produk pinjaman yang dikeluarkan oleh bank memang memberikan banyak keuntungan karena bisa memperoleh dana dengan cepat serta jumlah yang besar. Beberapa tipe kredit yang ada saat ini diantaranya adalah KPR, KTA, hingga KKB. Namun jika Anda mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk keperluan usaha, maka mengelola pinjaman KTA harus diatur dengan cermat. Jangan sampai uang yang awalnya untuk mengembangkan bisnis justru habis untuk kepentingan lainnya.

Cara Cerdas Mengelola Pinjaman KTA Untuk Keperluan Usaha

Mengajukan pinjaman KTA tidak semudah yang dikira karena jika pemakaiannya tidak sesuai tujuan maka akan muncul masalah dikemudian hari salah satunya pembayaran cicilan yang tidak lancar. Jika ini terjadi, maka denda yang dibebankan semakin banyak. Terlebih untuk produk tanpa jaminan, pinalti biasanya dihitung perhari dengan nilai yang cukup besar. Bagi Anda yang memanfaatkan layanan perbankan tersebut untuk bisnis namun tidak ingin mengalami kerugian akibat dana cepat habis, perhatikan tips dibawah ini.

  1. Pisahkan dana untuk kepentingan pribadi dan usaha

Salah satu sifat buruk manusia adalah tidak mampu menahan diri jika mendapatkan uang dalam jumlah banyak. Bisa-bisa KTA yang awalnya untuk keperluan usaha malah digunakan untuk membiayai kebutuhan yang sifatnya pribadi. Karena itu sangat penting rasanya untuk memisahkan uang pinjaman dengan milik pribadi supaya Anda mudah dalam mengelolanya. Jika dicampur jadi satu akan sulit untuk mengetahui berapa jumlah modal yang tersisa.

  1. Membuat buku catatan

Ini menjadi langkah termudah yang sering dilakukan oleh pebisnis yang masih pemula. Tak ada salahnya Anda menggunakan cara ini karena terbukti sangat efektif. Catat semua pengeluaran untuk keperluan bisnis agar bisa menghitung besarnya dana yang dipakai dalam satu bulan. Metode ini bisa menghindarkan Anda dari kerugian karena kondisi keuangan terkendali. Mungkin jika bisnis tersebut Anda kelola sendiri tidak menjalin kerjasama dengan pihak lain, mencampurkan uang pribadi dengan modal tidak menjadi soal. Tapi tetap saja pada akhirnya Anda mengalami kesulitan mengetahui omset yang diperoleh apakah menderita kerugian atau sebaliknya.

  1. Sisihkan untuk membayar angsuran

Ingat, salah satu kekurangan yang dimiliki oleh produk KTA adalah bunga yang cukup tinggi. Semakin lama jangka waktu pembayaran, maka beban cicilan akan semakin besar. Karena itu sejak awal bulan sebaiknya sisihkan dana untuk membayar angsuran agar tidak terkena denda. Dengan menggunakan tips ini maka keuangan tidak akan mengalami masalah karena semua kebutuhan bisa terpenuhi. Ketahui juga prosedur pembayaran, apakah ada keringanan jika tidak bisa membayar sesuai ketentuan dan berapa besar biaya tambahan apabila sewaktu-waktu keadaan finansial Anda mengalami penurunan.

  1. Menginvestasikan keuntungan untuk mengembangkan usaha

Jika bisnis yang Anda kelola masih seumur jagung, maka sebaiknya investasikan keuntungan yang didapatkan untuk mengembangkan usaha tersebut. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak perlu mengambil pinjaman KTA lagi jika kredit yang diajukan sebelumnya sudah lunas. Pengambilan kredit hanya untuk keperluan yang sangat mendesak, namun bila masih bisa diatasi dengan uang pribadi sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman. Jadi saat perhitungan akhir bulan, segera sisihkan omset untuk membayar kebutuhan penting termasuk angsuran, sementara keuntungan yang diperoleh langsung investasikan untuk tambahan modal.

  1. Hindari meminjam uang untuk keperluan konsumtif

Membangun bisnis selain membutuhkan modal yang besar, diperlukan pula keterampilan mengelola keuangan dengan baik. Ingat tujuan awal mengajukan KTA, yaitu untuk mengembangkan usaha agar memperoleh keuntungan yang besar. Tahan dulu keinginan untuk berbelanja keperluan yang kurang penting, prioritaskan untuk kepentingan pengembangan usaha. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis ketika mereka mengambil pinjaman kredit adalah kurang bisa memaksimalkan manfaatnya sehingga dana cepat habis sementara tujuan awal belum tercapai.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga)

Kredit yang diberikan oleh bank tersebut bisa dicairkan dalam tempo singkat setelah pengajuan disetujui. Banyak pilihan KTA yang ada saat ini, pilih instansi keuangan yang memberikan bunga rendah dan syarat ringan. Beberapa rekomendasi bank ternama penyedia layanan tersebut bisa Anda lihat langsung di CekAja.com. Produk yang direkomendasikan sudah terbukti memiliki kualitas terbaik, sehingga Anda sebagai nasabah tidak merasa dirugikan karena iming-iming kemudahan yang fiktif.

One thought on “Tips Mengelola Pinjaman KTA agar Sesuai Tujuan

Tinggalkan Balasan

Top